Friday, October 10, 2008

Success is our Right

Assalamualaikum wr wb.

Saya teringat dengan kata-kata mutiaranya Andrie Wongso yang mengatakan bahwa Success is My Right, namun saya lebih memperluas lagi menjadi Success is Our Right. Apakah ini sekedar slogan ataukah memang bisa dibuktikan dan diaplikasikan ? So what gitu lo ?

Ternyata setiap dari kita memang benar mempunyai peluang untuk menjadi sukses, buktinya ? Banyak, masing-masing kan pasti punya pencapaian sendiri-sendiri. Misal lulus sekolah, bisa bekerja, bahkan bisa berkeluarga bisa merupakan contoh sukses. Jadi menurut saya definisi sukses setiap orang adalah tidak sama dan sangat luas. Namun sejenak kita tinggalkan ketidakseragaman definisi tentang sukses, mari kita persamakan persepsi ! Sukses menurut saya adalah apabila seseorang telah bisa mencapai target yang tertinggi dalam hidupnya material maupun non material dan setelah itu dia bisa menularkan kesuksesan tersebut kepada orang lain.

Seseorang belum dikatakan sukses jika hanya dia sendiri yang sukses. Bukankah dalam ajaran agama Islam juga disebutkan bahwa sebaik-baik manusia adalah yang hidupnya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Nah, sukses tidak bisa datang dengan sendirinya, sehingga harus diusahakan dengan sekuat tenaga dan hati yang ikhlas. Sukses itu berproses, tidak ada satu kesuksesan yang datang tanpa proses. Banyak contoh orang sukses yang dulunya selalu gagal, namun karena terus berusaha dengan sekuat tenaga dan ikhlas tidak heran kalau sekarang bisa memetik keberhasilan.

Kalau kita persempit lagi definisi sukses hanya untuk materi, maka bisa lebih jelas lagi gambarannya. Sukses materi apabila seseorang memiliki materi dan dengan materinya itu bisa membantu orang lain menjadi sukses. Kalau dilihat di judul tulisan diatas Success is Our Right, berarti kalau diterjemahkan bebas sukses adalah hak kita. Banyak dari sebagian kita salah mengartikan hak, sebagian besar mengartikan kalau hak tidak perlu diusahakan. Karena hak merupakan bagian kita, maka hak akan datang dengan sendirinya. Misal jika masih bekerja, perusahaan mempunyai kewajiban membayar gaji karyawan, sedangkan karyawan berhak mendapatkan gaji. Sekilas, karyawan tidak perlu mengupayakan apapun tentang haknya, dan pasti datang dengan sendirinya. Apakah benar pendapat seperti itu? Bagaimana jika pada bulan tertentu gajinya tidak dibayarkan oleh perusahaan ? Apakah akan berdiam diri ? Atau menanyakan haknya kepada karyawan ? Saya sangat yakin jawabannya pasti yang kedua!

Maksud saya kalau slogan success is our right juga demikian, wajib diupayakan dan dengan hati yang ikhlas untuk menuju kesuksesan bersama.

Wassalamualaikum wr wb.

$ukse$

0 komentar:

Post a Comment

 

Diary Harto :: Stop Dreaming Start Action Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Ipietoon Blogger Templates Sponsored by Online Business Journal