Tuesday, November 25, 2008

Ikut Pelatihan Marketing Community

Assalaikum wr wb

Beberapa waktu yang lalu tepatnya tanggal 9 - 10 November 2008 di Purwokerto, saya mengikuti pelatihan marketing community. Tadinya bukan saya yang harusnya hadir dalam pelatihan tersebut, tetapi karena rekan saya yang ditunjuk tidak bisa hadir, maka saya menggantikannya. Saya juga tidak tahu siapa itu Maven (lembaga yang memberikan pelatihan), dan terus terang saya juga tidak begitu kenal dengan pengajarnya (Yoris Sebastian). Yang saya dapat informasinya dari rekan SDM adalah dia mantan GM Hard Rock cafe termuda. Padahal dulu sebelum saya pindah ke Semarang, saya sering main ke Sarinah. Maklumlah waktu itu saya ngantor di Gedung BDN Lt. 20, jadi kalau siang saya dan temens sering jalan ke Sarinah. Tapi kok aku tidak tahu siapa dia ya ? 

Pelatihan dimulai hari Senin dengan perkenalan dan sebagainya sebelum masuk ke materi inti. Tentang materinya sendiri sebelumnya aku sudah ada gambaran secara umum, namun untuk detil dan peluang apa saja yang bisa digarap, terus terang baru aku dapat di pelatihan ini. That's training is very usefull. Dengan pembawaan Yoris yang kalem namun syarat dengan pengalaman membuat pelatihan tersebut jadi hidup. Terus terang baru sekali ini, saya mengikuti pelatihan namun tidak mengantuk! Saya sangat interest, sebab kerjaan saya sekarang adalah create community, yang menurut Yoris itu termasuk dalam kategori sponsored community. 

Ternyata setelah mengikuti pelatihan tersebut, wawasan saya bertambah dan ide-ide fresh meluncur. Beberapa bisa diwujudkan di kantor, namun beberapa lagi sepertinya sulit untuk diwujudkan di kantor. Mungkin harus punya kantor sendiri untuk mewujudkan ide yang satu ini. Komunitas yang sekarang sedang digarap bersama tim adalah komunitas sekolah, dimana kita memberikan banyak manfaat kepada siswa, guru dan orang tua siswa. Komunitas yang bisa jadi akan menjadi andalan ke depannya.

Hari Rabu sampai Jumat, saya ikut training lagi. Kali ini bersama Markplus, dengan tema Certified Integrated Marketing diajar oleh 2 orang. Yaitu Yuswohadi dan Husin Wijaya. Keduanya sering menjadi pembicara di seminar maupun konsultan di beberapa perusahaan dalam dan luar negeri. Banyak ilmu yang bisa diserap saat itu, walau saya agak keteter. Karena saya belum pernah mengikuti training Dasar Marketing bersama Markplus sebelumnya. Namun, saya justru telat panas, ibarat mesin diesel. 

Dari semua pelatihan yang saya ikuti, kesimpulannya adalah trend ke depan pemasaran adalah melalui komunitas. Suka maupun tidak, komunitas akan semakin berkembang pesat baik jumlah komunitasnya maupun membernya. Nah, inilah yang bisa dijadikan ceruk bagi perusahaan untuk mendeliver produk-produknya.

Wassalamualaikum wr wb.

#Sukses#

0 komentar:

Post a Comment

 

Diary Harto :: Stop Dreaming Start Action Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Ipietoon Blogger Templates Sponsored by Online Business Journal