Friday, November 28, 2008

Review Buku : Muhammad sebagai Pedagang

Assalamualaikum wr wb.

Pada posting kali ini saya berusaha untuk mereview sebuah buku untuk pertama kalinya di blog saya. Yaitu buku yang berjudul Muhammad Sebagai Pedagang ditulis oleh Ippho Santosa.

Buku setebal 104 halaman ini menceritakan how to nya Muhammad sebagai pedagang. Diceritakan dalam buku tersebut bagaimana Nabi Muhammad mengawali bisnisnya mulai umur 12 tahun dan berdagang sampai Syria, dan menceritakan banyaknya mahar yang Beliau berikan untuk melamar Khadijah, ra. Tidak detil memang, Ippho menceritakan perjalanan bisnis Nabi. Namun Ippho pandai dalam mengemas tulisannya dengan mengambil apa yang dicontohkan Nabi dan dalil dalam Alquran. Ini yang jadi menarik menurut saya, karena belum ada penulis yang menghubungkan antara Spritualisme dan Bisnis. Padahal ini sangatlah penting!
Saya tertarik dengan penulis dalam menganalogikan otak kanan, dan saya setuju akan hal itu. Di beberapa tulisannya, penulis menggambarkan kenapa di negara kita justru mayoritas menggunakan otak kiri, padahal otak kanan seharusnya yang lebih dominan. Dia mencontohkan yang kita temui kehidupan sehari-hari, misal dalam rambu lalu lintas "gunakan lajur kanan untuk mendahului", dalam baris-berbaris "langkah kanan maju jalan" dan sebagainya. Bisa diartikan untuk mendahului yang lain gunakan yang sebelah kanan! Contoh lain, dalam bahasa Inggris right berarti kanan, benar dan left yang artinya kiri juga berarti tertinggal!
Dia menyebutkan juga kalau otak kanan itu berisi visi atau niat sedangkan otak kiri adalah dalam mendetilkan visi atau niat.
Bahkan kalau pernah baca cashflow quadrantnya Robert T Kiyosaki, bagian kiri adalah bagian Employee dan Self Employee. Sedangkan bagian kanan atau bisa saya menyebutnya bagian unlimited income adalah bagian Businessman dan Investor.
Selain itu penulis juga menuliskan pentingnya tangan diatas dibandingkan tangan dibawah, dan pada bab penutu penulis menuliskan Allah tidak akan berbagi kepada seseorang yang tidak berbagi dengan sesamanya.

Kesimpulan:
Buku ini luar biasa bagus, bahasa penulisan mudah dipahami dan yang terpenting adalah mengimplementasikan tulisan yang ada di buku ini.

Wassalamualaikum wr wb

#Sukses#

2 komentar:

YLabdo on 8:28 AM said...

Nabi sudah mencontohkan utk m,enjemput rejeki dengan berprofesi sbg pedagang. Dimana juga sdh disebutkan AlQur'an bahwa dari 10 pintu rejeki, 9 diantaranya dg berdagang......mari action berdagang utk menjemput rejeki, saya yakin temen2 semuanya bisa menjalaninya.
Mari sukses mulai bersama-sama.....


Salam Berkelimpahan

Pakde Harto on 10:14 AM said...

Koreksi pak, bukan Alquran tapi hadits Nabi

Post a Comment

 

Diary Harto :: Stop Dreaming Start Action Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Ipietoon Blogger Templates Sponsored by Online Business Journal