Wednesday, May 10, 2006

Menjadikan Bisnis Menggurita

Bagaimana bisnis kecil menjadi besar dan menggurita ?

Bagaimana seorang Ciputra bisa membesarkan bisnisnya, atau bagaimana Bill Gates bisa menjadi orang terkaya didunia.

Masih ingatkah anda dengan mesin foto kopi ? Tentu masih ingat, bahkan mungkin selalu memakainya sehari-hari. Fungsi utama dari mesin fotokopi adalah tentu saja menggandakan dokumen yang ingin kita gandakan. Tapi bagaimana jika analogi mesin fotokopi kita terapkan dalam dunia bisnis ?

Ya. Tentu saja kita tidak sedang menggandakan dokumen dalam bisnis. Yang saya maksudkan adalah fungsinya yaitu menggandakan. Walaupun mesin fotokopi hanya bisa menggandakan dokumen, tetapi yang lebih saya tegaskan disini ya fungsinya tersebut. Dalam bisnis sudah barang tentu, siapapun ingin membesarkan bisnisnya. Kalau semula hanya ada satu toko, maka boleh jadi semester berikutnya menjadi dua toko dan seterusnya. Lantas apa yang digandakan ?

Salah satu syarat untuk bisa menggandakan bisnis adalah bisnis pertama telah memberikan penghasilan yang bagus. Bagus dalam hal ini adalah cashflow lancar, tidak terjadi defisit setiap bulannya. Berikutnya, adalah membakukan format bisnisnya atau boleh disebut business plan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko. Setelah kedua syarat tersebut terpenuhi, maka baru sebuah bisnis bisa digandakan. Dengan membuka cabang baru adalah merupakan suatu proses penggadaan. Kalau di cabang baru ternyata sukses, berarti anda baru saja selesai melakukan penggadaan. Lakukan langkah tersebut sebanyak mungkin, sehingga bisnis anda akan menggurita. Percayalah !!!!

Selamat mencoba !!! Salam $uk$e$

--oo0oo--

0 komentar:

Post a Comment

 

Diary Harto :: Stop Dreaming Start Action Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Ipietoon Blogger Templates Sponsored by Online Business Journal