Thursday, December 11, 2008

Manajemen Krisis #2

Assalamualaikum wr wb.

Alhamdulillah setelah saya menulis posting dengan tema Manajemen Krisis, ternyata banyak respon positif dari rekans pembaca. Ada yang menulis di kolom komentar ada juga yang email. Menurut saya, ini sangat luar biasa. Mudah-mudahan bisa menjadi inspirasi dan pada akhirnya diimplementasikan didalam kehidupan sehari-hari.
Banyaknya respon positif mengenai posting tersebut membuat saya sangat bersemangat untuk menulis seri berikutnya mengenai manajemen krisis. Mudah-mudahan tulisan saya kali ini bisa lebih membuka wawasan kita sekalian. Amien.

Kenapa di tulisan saya yang pertama, saya tidak membolehkan kita mempercayai bahwa kita juga akan terkena dampak krisis ? Berikut adalah rahasianya !

Dikutip dari hadits Qudsi Alloh berfirman, yang artinya :
"Aku bersama sangkaan hambaku padaku, jika sangkaannya baik maka baiklah baginya, dan jika sangkaannya buruk maka buruklah baginya" (HR Ahmad)

Dalam riwayat yang lain,
Aku bersama sangkaan hambaku padaku, maka hendaklah ia berprasangka denganKu apa yang ia inginkan (HR Thobarani wal hakam)

Jadi apa yang terbesit dalam pikiran kita, maka Alloh akan meluluskan prasangka tersebut. Kesimpulan dari dua riwayat hadits diatas sudah jelas, bahwa orang yang menyangka dirinya akan terimbas krisis maka sungguh dia akan mengalaminya, tetapi sebaliknya apabila dirinya menyangka yang baik maka Alloh akan memberikan kebaikan kepadanya.

Lebih jelas lagi dari riwayat yang lain dikutipkan hadits Qudsi, yang artinya
Aku bersama sangkaan hambaku padaku, dan aku menyertainya ketika ia telah berdoa pada ku. (HR: Muslim dan Tirmidzi dan ahmad)


Semakin jelas sudah ! Tidak ada keraguan, bahwa prasangka kita adalah doa. Jadi hati-hatilah, karena beberapa kisah nyata yang pernah saya baca dan dengar. Ketika seseorang mempunyai bisnis dan sedang dalam ujian Alloh, dia berkata "Kalau begini terus, saya pasti bangkrut". Tidak lama setelah dia berkata demikian dengan koleganya, bisnisnya benar-benar hancur.

Nah, selain berprasangka yang baik terhadap Alloh. Saya menganjurkan untuk sebanyak mungkin sedekah, walaupun dalam kondisi yang sulit. Kesulitan yang kita alami ini sebetulnya adalah ujian, kalau kuat menjalaninya Insya Alloh kita termasuk hambaNya yang bertaqwa. Masak dalam keadaan ekonomi sulit harus bersedekah ? Saya jawab ya dan malah harus lebih banyak ? Ingat yang mengatakan ekonomi sulit kan mereka, bukan kita ! Berikut adalah dalil Alquran untuk menguatkan keyakinan kita.

QS Alhadiid Ayat 18, yang artinya :
Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik niscaya akan dilipatgandakan(pembayarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak (QS.Alhadiid:18)

Kalau Alloh swt saja sudah menjamin dalam Alquran, masak kita tidak mengimaninya. Alhamdulillah penulis sudah banyak menyaksikan kebenaran ayat diatas, karena sering mengalami keajaiban setelah memberikan sedekah.

Pesan saya
, kalau memberi sedekah tidak usah hitung-hitungan. Pilih di dompet yang nominalnya paling besar dan usahakan yang diberi sedekah kaget ketika menerima sedekah anda. Bukan kaget karena nominalnya sedikit lo, tapi kaget karena dia belum pernah dapat sedekah dengan nominal sebanyak itu. Saya ada cerita nyata. Ada usahawan muda dari Surabaya, dia akan ke Batam menggunakan pesawat yang transit dulu di Jakarta. Keperluannya ke Batam adalah mempresentasikan proyek bisnisnya. Setiba di Airport Sukarno-Hatta, dia ke toilet. Dia ingat didompetnya masih ada uang satu juta Rupiah, tiba-tiba dia teringat untuk segera bersedekah. Maka yang Rp. 500 ribu dikasihkan ke cleaning servis, apa yang terjadi ? Cleaning servis bandara kaget. Demikian pula yang memberi, karena baru saat ini dia memberi orang sebanyak itu. Singkat cerita beliau sudah sampai Batam. Setelah presentasi produknya, tidak disangka tidak dikira, direksi perusahaan tersebut menyetujui proyek tersebut dan mau bekerjasama dengan beliau. Mau tau nilai kontraknya ? Rp 15 Milyar. Betul itu ! Begitu yakinnya beliau akan QS Alquran diatas, sehingga itulah balasan dari Alloh swt. Pingin menjadi bagian dari bukti Maha Pemurahnya Alloh swt, oke saya tunjukkan ! Besuk kan hari Jumat, coba mulai Jumat besuk masukan ke kotak amal dengan uang yang terbesar di dompet atau dari pagi sudah menyiapkan mengambil uang di ATM untuk kotak amal. Tunggu keajaiban akan menghampiri anda beberapa waktu lagi !

Wassalamualaikum wr wb.

Salam Sukses Luar Biasa Dahsyat






0 komentar:

Post a Comment

 

Diary Harto :: Stop Dreaming Start Action Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Ipietoon Blogger Templates Sponsored by Online Business Journal