Monday, December 22, 2008

Mengatasi Krisis Ekonomi Global Dengan Manajemen Mata Rantai

Assalamualaikum wr wb.

Krisis Ekonomi global telah mulai terasa di negara kita tercinta, beberapa perusahaan terutama manufaktur telah banyak mengurangi tenaga kerjanya, demi survival perusahaannya. Sebelum krisis ini menggoyang negeri, saya sangat yakin kalau negeri ini pasti terimbas dampak krisis ekonomi global. Keyakinan ini beralasan karena hampir 85% produk yang dihasilkan di Indonesia ini di ekspor ke Eropa dan Amerika. Dua benua itu pulalah yang seolah menjadi patokan sukses dan tidaknya para eksportir. Dengan bertumbangannya negara-negara raksasa di kedua benua itu, secara otomatis akan sangat menganggu para eksportir. Mereka lebih selektif dalam membelanjakan uangnya. Itu baru dari satu sisi penyebab terkenanya negara kita oleh krisis global. Masih ada yang lain seperti banyaknya uang asing terutama dollar dan euro untuk bertransaksi di dalam negeri. Misal pembayaran sewa gedung bertingkat, tarif hotel, pembelian yang melibatkan vendor asing sampai dengan pembelian komputer dan asesorisnya. Semua itu transaksinya menggunakan dollar, walaupun pada akhirnya dikonversi, namun tetap saja yang harus disetor ke bank untuk transaksi dengan provider tetap menggunakan dollar. Jadi mata uang asing di Indonesia penggunaannya lebih dominan daripada rupiah. Itu skala makro ekonomi, kalau bicara mengenai mikro ekonomi maka dampak krisis tersebut sangat terasa. Bagaimana mahalnya beras, BBM, minyak goreng, terigu dan sebagainya ?

Yang menjadi pertanyaan, apakah ada solusinya buat mereka-mereka yang notabene untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari saja masih sulit ? Saya yakin pasti ada. Bagaimana caranya ? 

Pasti rekans sering melihat rantai seperti gambar disamping, malah mungkin tidak terasa selalu memakainya sehari-hari. Ya, itu adalah rantai yang terdapat pada kendaraan bermotor. Dimana ia berfungsi sebagai pengait antara rotor dan roda agar bisa bergerak. Rantai itu didesain sedemikian rupa agar saling mengait satu sama lain. Apa yang terjadi kalau mata rantai itu cuman satu. Yah sudah pasti tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya kan ? Kita ambil filosofi dari rantai yang saling mengait satu sama lain dalam menyelesaikan masalah ekonomi global seperti sekarang ini. Setiap mata rantai itu mewakili orang-orang yang bisa menggerakkan ekonomi. Saya memilih orang-orang tersebut adalah yang berkecimpung dalam bidang bisnis UKM. Diibaratkan antara satu mata rantai dengan mata rantai yang lain saling unik dan berbeda, yang artinya setiap bidang UKM ini memiliki bisnis yang berbeda. Keterkaitan satu mata rantai dengan mata rantai yang lain mewakili komitmen untuk selalu bersama. Sehingga bisa dikatakan rantai tersebut menghubungkan beberapa jenis bisnis yang berbeda dan memiliki komitmen yang sama. Secara fungsional rantai digunakan untuk menggerakkan roda, dan ini mewakili hasil berupa revenue. Oke, saya ingin mengatakan kalau hanya satu mata rantai bergerak sendiri-sendiri tanpa komitmen dan kebersamaan, bisakah satu kesatuan mata rantai itu bisa menggerakkan sebuah roda ?

Inilah sebenarnya rahasia keluar dari krisis ekonomi, setelah kita bersama teman-teman yang memiliki visi dan misi yang sama, bersinergi dan kemudian komit untuk menuju tujuan yang sama, Insya Alloh badai krisis tidak akan menghampiri negeri ini. Contoh kongkritnya begini, ketika kita memiliki produk, tidak hanya kita sendiri yang menjual namun rekan-rekan disekeliling kita juga membantu menjual, demikian juga sebaliknya produk-produk mereka juga kita jualkan. Ya, seperti prinsipnya afiliasi lah. Nah, bagaimana nasib mereka yang hidupnya dibawah garis kemiskinan ? Mereka kan bisa kita jadikan partner di dalam bisnis kita, sehingga mereka pun berpeluang memiliki penghasilan. Mudah-mudahan dengan adanya pemikiran seperti ini bisa diwujudkan dan mulai tahun depan 2009 pengemis-pengemis diperempatan sudah berkurang. Karena mereka sekarang bekerja untuk kita dan mendapatkan penghasilan yang halal. Bagaimana dengan skill mereka yang rendah, itu adalah tugas kita untuk meningkatkan skill mereka.

salam Sukses Luar Biasa Dahsyat

Wassalamualaikum wr wb

0 komentar:

Post a Comment

 

Diary Harto :: Stop Dreaming Start Action Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Ipietoon Blogger Templates Sponsored by Online Business Journal