Wednesday, December 10, 2008

Manajemen Krisis

Assalamualaikum wr wb.

Saya menulis posting ini ketika sedang dalam perjalanan naik bis jurusan Kudus - Semarang. Ya, setiap hari saya ngelaju Kudus - Semarang, maklumlah saya masih mengabdi sebagai pegawai di salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia.

Kembali ke tema blog.

Apa yang sedang terjadi akhir-akhir ini di beberapa negara maju ? Semua pasti menjawab sedang terjadi krisis ekonomi global. Apa benar demikian ? Kalau dilihat dari indikasi ekonomi akhir-akhir ini memang mengarah telah terjadi krisis ekonomi global. Tetapi saya yakin hal ini tidak terjadi di semua negara di dunia ini. Negara-negara yang tidak berhubungan dagang dengan Eropa dan Amerika mungkin selamat dari krisis.


Ok, saya tidak akan berpanjang lebar mengenai benar tidaknya telah terjadi krisis ekomi global. Namun yang ingin saya highlight disini adalah pantaskah kita menerima akibat krisis ekonomi global ? Kita tidak pernah melakukan sesuatu namun mendapatkan dampaknya. Yang jelas itu tidak adil.

Saya sering mendengar orang-orang pintar mengemukakan pendapatnya "suka tidak suka kita pasti terkena dampak krisis ekonomi global". Kendengarannya seperti wajib hukumnya terkena imbas krisis. Aneh ! Yuk kita kembali ke Alquran.

Ingat QS 13 ayat 11 yang artinya "Sesungguhnya Alloh tidak akan merubah nasib suatu kaum sehingga kaum itu merubahnya sendiri"

Kalau kita percaya dengan ayat Alquran sudah pasti kita tidak akan mempercayai pendapat orang pintar yang menjustifikasi bahwa kita pasti terkena dampak krisis. Dengan percaya kalau kita pasti terkena dampak krisis, pastilah nantinya kita akan terkena krisis. Karena ucapan, pesimistis itu ibarat doa. Nah, bagaimana kita menyikapinya ?

  1. Berdoa kepada Alloh agar diberi kemudahan melewati cobaan serta dimudahkan jalan keluarnya.
  2. Asah Kreativitas dan bersikap positif
  3. Bentuk network yang solid
  4. Saling bantu membantu
  5. Banyak sedekah
Dari 5 tips tersebut, Insya Alloh akan terhindar dari dampak krisis ekonomi global.

Wassalamualaikum wr wb.
#Sukses#

1 komentar:

YLabdo on 10:45 PM said...

Crisis global....kata-kata yg sering kita dengar 3 bulan terakhir, kenapa kita jadi terpengaruh kata-kata negatif itu ? ya energi negatif sanagt mempengaruhi kita. Sebaiknya kita menggali energi positif dari internal diri sendiri, supaya tetap optimis dan semangat. Benar apabila pikiran dipenuhi hal negatif , maka perasaan dan tindakan akan ikutan negatif. Sebaiknya jangan mengatakan crisis...tetapi target agak tertekan.


Salam

Post a Comment

 

Diary Harto :: Stop Dreaming Start Action Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Ipietoon Blogger Templates Sponsored by Online Business Journal