Sunday, January 11, 2009

Indahnya Kebersamaan Dalam Bisnis

Assalamualaikum wr wb

Apa itu kebersamaan dalam bisnis ?
Sebagai seorang muslim, kami diajarkan untuk senantiasa sholat berjamaah di masjid. Dahulu diajarkan oleh guru Agama, kalau sholat berjamaah itu pahalanya 27 derajat. Dibanding dengan sholat sendirian, jelas bahwa sholat berjamaah ini pahalanya 27 kali lipat. Disamping pahala yang besar, ternyata ada makna lain yang tak kalah penting dalam sholat jamaah.Diantaranya adanya makmum dan imam, makmum boleh mengingatkan imam apabila khilaf.
Makna yang terkandung tidak sesederhana seperti yang saya jelaskan diatas, bahkan maknanya sangat luas baik saat masih dalam sholat maupun dalam kehidupan sehari-hari. Saya ambil contoh aplikasinya dalam berbisnis. Apa yang terjadi kalau dalam berbisnis kita berjamaah ? Bagaimana bisnis yang berjamaah itu ? Menurut saya, bisnis berjamaah adalah bisnis dikelola dengan mempekerjakan beberapa orang. Inilah makna adanya Imam dan Makmum, dimana kita sebagai owner bisnis adalah sebagai imam, sedangkan karyawan adalah makmumnya. Seperti dalam sholat, dalam bisnis pun seharusnya antara owner dan karyawan mempunyai visi dan misi yang sama. Sehingga terciptalah satu keseimbangan, yaitu saling koreksi antara owner dan karyawan. Kalau antara Imam dan Makmum tadi terjadi di satu musholla atau masjid, maka kalau prinsip kebersamaan ini terjadi di semua musholla dan masjid. Betapa dahsyat pengaruhnya! Tidak ada saling menjatuhkan,yang ada adalah semangat saling membantu, saling mengkoreksi demi satu visi dan misi yang sama. Kalau diterapkan dalam bisnis tentu pengaruhnya akan sangat dahsyat. Karena ketika satu bisnis berkumpul dengan bisnis yang lain sehingga membentuk suatu komunitas kecil, dari beberapa komunitas kecil membentuk suatu komunitas besar, dimana visi dan misinya sama. Sudah barang tentu, ini bisa membantu Indonesia keluar dari krisis.
Saya memulai ide ini dari diri saya sendiri, dimana saya dan rekan saya yang memiliki visi dan misi yang sama membentuk aliansi. Tujuannya adalah saling membantu, mengkoreksi untuk maju bersama menuju kesuksesan. Saya yakin kedepannya akan ada yang berjamaah dengan saya dan partner. Kelompok kecil ini terus berkomitmen untuk memajukan seluruh karyawannya. Apa jadinya kalau karyawan kita keluar dan membuat bisnis sendiri ? Berarti Imamnya berhasil dalam menularkan keberhasilan kepada makmumnya. Yang perlu digarisbawahi adalah visi dan misinya tetap sama dan tidak berubah. Visi dan misinya apa sih ? Kok harus sama ? Visinya adalah
meningkatkan ketaqwaan kepada Alloh swt, sedangkan misinya adalah menjadi manusia yang bermanfaat hidupnya bagi yang lain. Dak karyawan yang membuat bisnis sendiri tadi akan membentuk kelompok kecil yang lain, demikian seterusnya. Dari beberapa kelompok yang kecil membetuk satu kelompok yang besar. Dimana masing-masing kelompok kecil tadi juga saling membantu mewujudkan keberhasilan bersama.
Inilah yang saya impikan dari arti sebuah kebersamaan dalam bisnis, ternyata kebersamaan itu indah.

Salam Sukses Luar Biasa Dahsyat

Wassalamualaikum wr wb

0 komentar:

Post a Comment

 

Diary Harto :: Stop Dreaming Start Action Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Ipietoon Blogger Templates Sponsored by Online Business Journal