Friday, February 20, 2009

Haruskah Berpengalaman Untuk Memulai ?

Assalamualaikum wr wb.

Berpengalaman apakah mutlak diperlukan untuk memulai sesuatu ?
Dari catatan pengalaman perjalanan saya.
Sewaktu saya dinyatakan lulus dari Diploma 3 Teknik, apa yang langsung terpikir saat itu ? Ya, saya harus mencari pekerjaan! Tetapi semua iklan yang membutuhkan tenaga kerja selalu dicantumkan minimal berpengalaman sekian tahun, mengerti ini dan itu dan sebagainya. Terus terang waktu itu keder juga, bagaimana bisa berpengalaman kerja kalau kita saja baru fresh lulus dari akademi. Sepertinya tidak adil! Masak yang dicari selalu yang berpengalaman ? Bagaimana dengan lulusan baru seperti saya ini ? Pikir saya waktu itu. Namun saya coba mengirimkan beberapa application letter ke beberapa perusahaan, baik yang beriklan di koran maupun yang tidak, baik yang beriklan jelas-jelas menyebutkan hanya mencari yang berpengalaman atau tidak. Dari beberapa
application letter yang telah saya kirimkan, Alhamdulillah ada beberapa perusahaan yang bersedia memanggil saya untuk interview. Apa rahasianya sehingga perusahaan tersebut sudi memanggil saya untuk interview. Ya, betul saya menuliskan bahwa saya sudah berpengalaman sesuai dengan permintaan perusahaan. Tetapi pengalaman yang saya tuliskan memang sudah saya lakukan, walaupun itu sebatas dilingkungan Kampus. Singkat cerita, dari hasil interview saya dinyatakan diterima untuk bekerja di perusahaan tersebut.
Nah, cerita inilah yang ingin saya bagi. Ketika ada seseorang yang berusaha untuk pindah kuadran dari employee ke kuadran Business. Seringkali yang terdengar alasan adalah "wah saya tidak pengalaman dalam bisnis, bagaimana ya memulainya?" Saya pikir semua orang bermula dari tidak tahu, nah dari ketidaktahuan itulah mereka mulai belajar sehingga mempunyai pengalaman. Kalau boleh saya menyadur blog nya teman saya Eko June, "Tidak Perlu Hebat Untuk Memulai, Tetapi Mulailah Untuk Menjadi Hebat". Maka saya pun mempunyai tagline yang baru "Tidak Harus Berpengalaman Untuk Memulai, Tetapi Mulailah Untuk Menjadi Berpengalaman".

Salam Sukses Luar Biasa Dahsyat

Wassalamualaikum wr wb.


0 komentar:

Post a Comment

 

Diary Harto :: Stop Dreaming Start Action Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Ipietoon Blogger Templates Sponsored by Online Business Journal