Monday, March 09, 2009

MILAD 3 TDA HEBOH

Assalamualaikum wr wb

Minggu lalu tepatnya tanggal 28 Feb - 1 Maret 2009 di Jakarta telah diselenggarakan Festival Entrepreneur Indonesia. Dan Alhamdulillah saya berkesempatan untuk mendatangi acara tersebut. Saya datang bersama partner bisnis saya Yumono Labdo, acara tersebut sebenarnya sudah diselenggarakan 3 kali (setahun sekali). Namun saya baru bisa menghadiri acara tersebut kemarin. Saya sendiri bergabung dengan milis tangandiatas sejak tahun 2006, ketika anggotanya masih kurang dari seratus member. Itupun karena teman saya yang mendaftarkan, yaitu Mas Eko Junaedi, thanks my friend. Saat itu, tidak setenar sekarang namanya karena memang baru dibentuk dan sedang disusun kepengurusan dan program-programnya. Karena kebetulan mas Eko itu tempat saya curhat waktu saya masih di Jakarta, kemudian beliau berinisiatif mendaftarkan nama saya di milis tersebut. Ada rasa bangga tentunya, karena saya termasuk senior di milis tersebut. Tetapi ada rasa malu juga, karena setelah sekian lama mengikuti milis TDA, saya hanya menjadi bagian atau hanya sebagai pengamat bisnis.
Nah, seiring kepindahan saya ke Semarang, saya waktu itu bertekad untuk membuka ladang usaha. Program yang susun waktu itu adalah segera action dan segera mengikuti Entrepreneur University. Saya pindah ke Semarang pada Juli 2007, namun baru Januari 2009 saya bergabung dengan EU di Kudus. Telat ? Ya telat banget... tapi lebih baik telat daripada sama sekali tidak memulai. Setelah mengikuti EU, saya merasakan panas dan lebih termotivasi untuk memulai bisnis. Lewat www.tokotoedo.com inilah saya memulai action, sebetulnya kalau action kecil-kecil dan tidak berkelanjutan sih banyak. Waktu di Jakarta saya sempat berjualan kacang goreng, bisa dilihat sejarahnya di http://harto-mrpeanut.blogspot.com. Sebenarnya dari hasil berjualan kacang goreng tersebut sudah cukup bagus, karena saya menggunakan sistem channeling sehingga dagangan saya itu sudah lumayan dikenal di Bintaro Jakarta Selatan. Ramadhan kemarin sebetulnya banyak permintaan dari teman-teman di Jakarta, tetapi malah saya tolak karena biaya kirimnya lebih mahal dibanding dengan harga kacangnya. Saya belum ada solusi untuk transportasi hingga saat ini. Selain itu, harga bahan mentah kacangnya pun naik, belum harga minyak goreng yang cenderung naik, ini membuat harga kacang gorengnya melambung.
Tagline dari TDA 2009 adalah Go Double. Saya menyikapi tagline tersebut sebagai Go Double Action, untuk itu saya memang melakukan Double Action... Selain aktif di milis tangandiatas saya juga membentuk mastermind di Semarang, namanya MM LawangSewu. Sengaja nama ini yang saya ambil, karena arti dari lawangsewu adalah pintu seribu. Mudah-mudahan dengan kelompok MasterMind LawangSewu tersebut bisa menghadirkan rejeki dari 1000 pintu. Selain itu, saya melakukan kontak dengan eks teman TDB yang sudah bekerja di Luar Negeri. Selanjutnya saya kirimkan eBrosur ke Beliau (berada di Qatar Timur Tengah), mudah-mudahan dalam waktu dekat ada transaksi. Karena beliau selain TDB di Qatar Telecom juga menjalankan bisnis, berdasarkan kontak via YM dengan beliau, bisnis relasinya sampai ke Eropa.
Kembali ke acara Milad 3 TDA di Jakarta, saya sebelumnya tidak percaya bahwa saat mengikuti acara tersebut nanti akan ada keajaiban setelahnya. Karena saya sudah sering mengikuti acara sejenis, dan setelahnya tidak ada apa-apa! Cerita keajaiban setelah milad banyak ditulis di milis tangan diatas. Setengah percaya dan tidak, saya tetap memenuhi anjuran panitia Milad untuk membawa kartu nama sebanyak-banyaknya untuk bertukar kartu nama dengan peserta Milad. Selain diselenggarakan seminar, pada acara tersebut juga diselenggarakan pula bisnis matching ya semacam bisnis expo lah. Kebetulan partner saya juga ikutan expo, produk andalannya adalah Jilbab Adzani. Hari pertama, saya malah berkeliling mengunjungi stand bisnis expo, saya bagikan kartu nama dan beberapa stand yang menarik perhatian, saya dekati dan diskusi sebentar. Nah, ternyata benar adanya keajaiban mulai terbuka. Hari ini saya memperoleh email dari salah satu peserta bisnis expo untuk melakukan kerjasama. Alhamdulillah, saya pikir acara ini memang luar biasa. Bagaimana dengan acara didalam (seminar), ternyata tidak kalah heboh. Karena pembicaranya sangat bagus-bagus, diantaranya Nukman Lutfie, Sahmullah Rafi,Yoris Sebastian sampai Om Bob Sadino. Selain seminar, pada acara tersebut dilakukan pengukuhan wisudawan TDA dan TDA wilayah terbaik (berprestasi dan pernah diliput media). Tak kalah heboh, justru di luar seminar tersebut. Habis sholat Maghrib, kita-kita yang diluar JABODETABEK diajak untuk kumpul di wisata makanan JACC Tanah Abang, pembicara tunggal waktu itu adalah pak Haji Allay yang juga sesepuh TDA. Banyak sekali ilmu baru yang saya serap dari beliau, sosoknya yang bijaksana jelas-jelas terlihat dari gaya bicara dan wajah beliau. Sayang, pada hari Senin beberapa temans TDA Daerah bertemu lagi dengan pak Haji, namun saya sudah keburu pulang lebih awal. Malahan hari Minggu siang saya sudah terbang kembali ke Semarang, karena istri sedang mendapat musibah. Insya Alloh, saya berencana untuk bertemu pak Haji lagi karena banyak yang ingin saya konsultasikan.

Demikian oleh-oleh dari Milad 3 TDA, mau lebih lengkap liputannya ? Ada di www.tangandiatas.com

Salam Sukses Mulia
Go Double...

Wassalamualaikum wr wb

0 komentar:

Post a Comment

 

Diary Harto :: Stop Dreaming Start Action Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Ipietoon Blogger Templates Sponsored by Online Business Journal