Thursday, May 14, 2009

Yuk Mencari Uncomfort Zone

Assalamualaikum wr wb.

Banyak diantara kita entah yang berprofesi sebagai karyawan, pengacara, dokter maupun pengusaha sekalipun sering kali merasakan suatu kenyamanan dalam profesinya atau di posisinya sekarang. Karena rata-rata dari kita merasa kalau sudah berada di situasi yang nyaman, cenderung malas untuk mencari tantangan baru. Dengan kondisi (posisi) yang sudah nyaman akan membuat kita lengah, dan cenderung turun kualitas kreatifitasnya.

Bayangkan, jika ada satu perusahaan besar (paling besar diantara perusahaan kompetitor sejenis) karena merasa paling hebat, paling besar, paling berprestasi sehingga perusahaan tersebut berada di comfort zone, maka biasanya merasa besar kepala dan cenderung meremehkan kompetitornya. Yang perlu dijadikan bahan pemikiran adalah apakah kompetitor kita akan selalu menjadi follower (baca : lengah) ? Apakah di benak mereka tidak ada niatan untuk menggeser posisi kita ? Secara normal, jelas semua kompetitor akan berusaha untuk membuat perusahaannya menjadi yang terbaik dan terhebat dalam segala hal. Itu yang sring tidak kita sadari bersama, ketika kita lengah karena atribut kita sudah paling hebat, paling baik, paling berprestasi dan sebagainya, maka secara tidak langsung akan mengurangi kreativitas dan inovasi kita. Cenderung mengabaikan kompetitor, apa yang dilakukan oleh kompetitor dianggap menjiplak kreativitasnya. "Kok mirip dengan materi iklan perusahaan kita ya ?" atau yang paling ironis "wah itu mah kita banget ya ?". Ya itulah beberapa contoh kalimat yang muncul ketika kita merasa paling segalanya. Lupa, kalau tiba-tiba kompetitor siap menelikung kita.

Judul diatas sengaja saya munculkan agar kita selalu ingat, bahwa zone nyaman tidak selamanya baik buat kita. Selama kita menikmati kenyamanan, niscaya sengaja atau tidak, percaya atau tidak akan menurunkan kreativitas dan inovasi kita. Sehingga lambat laun, performa anda atau perusahaan anda akan tergeser oleh kompetitor anda. Bagaimana mengatasinya ?

Solusinya adalah dengan mencari zona tidak nyaman, ya betul. Orang-orang berlomba-lomba mencari zona nyaman, tetapi saya menyarankan sebaliknya. Jadi setiap kali hasil yang anda peroleh memuaskan, atau tantangan yang anda targetkan terlampaui, segeralah cari tantangan baru. Dengan begitu anda akan terasah untuk selalu kreatif dan inovatif.

Selamat mencoba.....

Salam sukses...

Wassalamualaikum wr wb

0 komentar:

Post a Comment

 

Diary Harto :: Stop Dreaming Start Action Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Ipietoon Blogger Templates Sponsored by Online Business Journal