Tuesday, June 02, 2009

Belajar Dari Pertandingan Final Liga Champion

Assalamualaikum wr wb.

Beberapa waktu yang lalu, saya berkesempatan menyaksikan final Liga Champion 2009. Yang menurut para pengamat sepak bola, inilah final Liga Champions impian, dimana menemukan dua kesebelasan hebat di belahan benua biru Eropa. Manchester United melawan FC Barcelona, dua-duanya memiliki squad yang handal di masing-masing lini. Dan seperti kita ketahui bersama bahwa hasil akhir adalah 2 - 0 untuk kemenangan FC Barcelona. Jadilah FC Barcelona memborong 3 gelar sekalogus dalam semusim, yaitu La Liga, Piala Raja dan Liga Champions.

Namun saya tidak akan membahas tentang euforia kemenangan Barcelona dan liputan pertandingannya, saya lebih senang untuk mempelajari siapa Tactician di balik kemenangan Barcelona. Dialah Josep "Pep" Guardiola, mantan pemain Barcelona di era Johan Cruyff dan Louis Van Haal, memang selalu menjadi pemain pilihan starting eleven di setiap pertandingan. Saat menjadi pemain pun, Guardiola pernah mengangkat trophy Piala Champions yaitu di era kepelatihan Johan Cruyff. Dan akhirnya, dia melengkapi trophy Liga Champions saat musim pertamanya melatih Barcelona. Ada satu hal yang sangat luar biasa, dia adalah pelatih yang belum mempunyai pengalaman dalam melatih klub besar. Saat Barcelona masih ditukangi Frank Rijkaard, Guardiola melatih Klub Yunior Barcelona (Barcelona B) itupun belum genap setahun. Sampai akhirnya dia ditunjuk sebagai pelatih senior FC Barcelona, semua orang terhenyak ! Tak terkecuali musuh bebuyutan mereka FC Real Madrid. Bagaimana mungkin klub sebesar Barcelona dilatih oleh pelatih yang tidak memiliki pengalaman seperti Pep Guardiola ! Benar saja, dalam enam pertandingan pertama Barcelona hanya bisa mengoleksi 1 poin. Namun, yang luar biasa setelah pekan ke-7 Barcelona selalu menang, sampai akhirnya posisi pertama berhasil di ambil alih sampai akhir musim.

Yang paling menarik dari semua trophy yang didapat musim ini apalagi kalau bukan pertandingan final Liga Champions. Yang mempertemukan dua pelatihan yang sangat berbeda profil suksesnya bersama klub masing-masing. Fergie sapaan Sir Alex Fergusson sangat fenomenal membawa Manchester United selama 23 tahun melatih, 18 trophy Liga Premiere, 2 Piala Champion dan masih banyak trophy yang lain. Sedangkan lawannya, Pep Guardiola baru semusim melatih dan baru saja memperoleh dua gelar sekaligus di musim pertama sebagai pelatih tim senior. Sangat kontras bukan ?? Tetapi malam itu, anggapan bahwa usia senior lebih hebat dari yunior terbantahkan ! Malam itu, benar-benar ManU tidak berkutik menghadapi derasnya aliran bola pemain-pemain Barcelona. Lebih-lebih setelah gol pertama berhasil dicetak oleh tim Catalan, benar-benar meruntuhkan mental pemain Man U. Sampai peluit akhir ditiup, kedudukan 2-0 untuk kesebalasan Barcelona. Luar biasa...
Apa yang bisa kita pelajari dari pertandingan itu ?

Kalau saya melihat racikan strategi Barcelona sangat jitu, sehingga membuat Manchester United salah mengantisipasinya. Terutama penempatan Leonel Messi yang tidak seperti biasanya sampai kepada permainan individu yang sangat bagus dan rapih. Serta komitmen para pemain terhadap instruksi sang pelatih. Sehingga nilai plus ada di sisi Pelatih, dia masih muda, miskin pengalaman namun bisa mengalahkan pelatih sekaliber Sir Alex Fergusson. Kuncinya apa ? Pengalaman melatih ? Jelas Pep kalah dan tidak ada apa-apanya dibanding dengan Sir Alex.

Jadi walau Pep masih muda, belum tentu secara pengalaman dia kalah dibanding dengan Sir Alex. Karena Pep mau belajar dari orang lain ! itu kuncinya ! Berpengalaman itu tidak harus mengalami sendiri, tetapi bisa juga dengan mempelajari pengalaman orang lain.

Dalam bisnis, kita mengenal konsep waralaba. Konsepnya adalah membuat log atau catatan kesalahan-kesalahan yang pernah dibuat dan bagaimana cara mengatasinya, agar kedepannya franchisee mengalami masalah yang sama, sudah ada guidance dalam menyelesaikan masalah.


Salam Sukses...

Wassalamualaikum wr wb

0 komentar:

Post a Comment

 

Diary Harto :: Stop Dreaming Start Action Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Ipietoon Blogger Templates Sponsored by Online Business Journal