Monday, July 27, 2009

Time is Not Money

Assalamualaikum wr wb

Saya yakin tentunya anda sering mendengar slogan time is money, malahan bisa jadi itu jadi tujuan hidup anda sekarang. Namun, pernahkah anda merenungkan kenapa Barat menggunakan slogan ini dan menggembar-gemborkan ke seluruh dunia. Terus terang saya sendiri tidak tahu pasti kapan untuk pertama kalinya slogan ini dikumandangkan dan dipopulerkan oleh siapa. Saya pribadi kurang setuju dengan slogan tersebut, hal apa yang membuat saya kurang setuju ? Inilah yang ingin saya ungkapkan disini.

Dalam ajaran Islam, jelas-jelas salah satu ayat Alqur'an menyebutkan bahwa "Tidak aku ciptakan Jin dan Manusia kecuali hanya untuk menyembahKu". Dan ada ayat lagi yang artinya "Demi waktu, sesungguhnya manusia dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan beramal soleh dan nasehat menasehati dalam kebenaran dan kesabaran". Kalau mau lebih detil, banyak sekali ayat Alquran yang bersumpah terhadap waktu. Artinya memang sebagai ayat suci, Alquran ingin memberitahu atau memperingatkan kepada manusia bahwa waktu adalah sangat berharga, sedikit sekali kita lengah maka akan celakalah kita. Kembali lagi ke tema time is money. Slogan tersebut memang dihembuskan oleh Barat, agar manusia lalai terhadap kodrat penciptaanya. Dengan menerapkan time is money dalam kehidupan, tanpa terasa memasuki alam bawah sadar bahwa waktu adalah uang! Segala sesuatunya diukur dengan uang, status sosial, gaya hidup, ukuran sukses tidaknya seseorang dan sebagainya tolok ukurnya adalah uang. Apa yang terjadi selanjutnya ? Sadar atau tidak, kompetisi yang fair bukan lagi yang dicari, namun uanglah yang dicari. Atau ketika meeting sedang seru-serunya dan saat itu pula datang waktu menunaikan ibadah Sholat, kira-kira apa yang diprioritaskan ? Jawaban ada di benak anda masing-masing. Pernah pula saya mengikuti pelatihan leadership yang menggunakan bungkus agama, trainer meminta maaf kepada peserta training untuk mengundurkan jadwal Sholat. Yang menjadi pertanyaan adalah siapa yang mengatur silih bergantinya siang dan malam ? tentunya Alloh swt, Yang Maha Perkasa dan Maha Pengatur, kenapa trainer meminta maaf kepada peserta training karena mengundurkan jadwal Sholat, harusnya trainer takut kepada Alloh swt. Karena Dia lah yang mengatur silih bergantinya waktu. Sehingga kalau mau merenung sejenak, kenapa kita tidak bisa maju seperti jaman keemasan Islam ? Ya jelas, karena manusia sekarang cenderungnya mencari uang, sehingga tidak terjadi keseimbangan antara investasi di dunia dan di akherat. Segala aturan yang Alloh firmankan dalam kitab suci Alquran tidak pernah lagi dilihat (dibaca) apalagi diimplementasikan!

Dunia semakin maju, ilmu pengetahuan semakin tinggi namun sayangnya tidak diikuti oleh kemajuan aqidah dan akhlak manusia. Oleh sebab itu, tidaklah mengherankan jika Amerika Serikat yang dijadikan kiblat ekonomi oleh sebagian besar negara di dunia luluh lantak ekonominya mulai 2008. Apa yang menyebabkan AS yang begitu perkasa mata uangnya (US$) di seluruh dunia ini bisa terpuruk ? Ya, karena prinsip mereka tidak lain dan tidak bukan adalah time is money. Sehingga apapun yang diusahakan goalnya adalah uang, tanpa melihat (tidak peduli) prosesnya. Ternyata banyak manipulasi keuangan di sana dan ini berakibat dengan datangnya badai krisis ekonomi global. Ironisnya, hampir 95% negara-negara didunia menggunakan mata uang US$ untuk bertransaksi, secara langsung maupun tidak mengakibatkan krisis tersebut menyerang negara-negara yang menggunakan mata uang US$ dalam perdagangannya.

Dengan gambaran yang begitu gamblang dan sederhana, apakah time is money bisa dijadikan slogan dalam hidup anda ? Yang seharusnya bagaimana slogan yang benar ? Slogan itu harusnya menjadi time is sharing and helping others, jadi waktu adalah untuk berbagi dan membantu sesama. Uang akan datang dengan sendirinya ketika kita mau memberikan yang terbaik untuk membantu orang lain. Atau dengan kata lain uang hanyalah efek dari kesolehan kita.

Wassalamualaikum wr wb

0 komentar:

Post a Comment

 

Diary Harto :: Stop Dreaming Start Action Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Ipietoon Blogger Templates Sponsored by Online Business Journal