Saturday, November 21, 2009

Menulis vs Mencatat

Assalamualaikum wr wb.

Pada posting kali ini saya akan share artikel tentang Menulis vs Mencatat, banyak motivator yang menyamakan antara menulis dan mencatat. Mereka mengelompokkan menulis sebagai kegiatan otak kiri, seperti yang kita ketahui bersama bahwa otak kiri cenderung monoton, logika, matematis, hafalan, serial dan sebagainya. Berbeda dengan otak kanan yang cenderung lompat-lompat dan kreatif.

Menulis memang berbeda dengan mencatat, yuk kita bahas satu per satu. Seperti sudah kita ketahui bersama bahwa mencatat adalah suatu kegiatan y
ang tanpa mengandalkan kreativitas. Mengapa ? Karena apa yang kita tulis adalah apa yang kita dengar saat itu, sehingga kegiatan ini termasuk hafalan dan merupakan kategori otak kiri.
Sedangkan saat menulis, dari kita semua pasti sudah pernah mendapatkan pelajaran mengarang sewaktu sekolah. Betul ? Apa yang kita tulis bermacam-macam, bisa karena pengalaman bisa juga karena pernah membaca buku dan hafal isinya, maka isi buku tersebut yang kita jadikan bahan tulisan. Tetapi kecenderungan orang menulis adalah berusaha untuk kreatif menciptakan tulisan dengan versi sendiri. Nah, ini adalah kegiatan otak kanan bukan ? Setuju ?
Oke, sekarang yang menjadi bahan renungan adalah bagaimana agar otak kanan kita bisa terasah. Karena selama ini otak kiri lah yang banyak dieksplor!
Sebetulnya kreativitas dapat dilatih, tergantung dari masing-masing pribadi ingin mencobanya atau tidak ? Paling sederhana adalah cobalah untuk merusak rutinitas anda! Bukan dalam konotasi negatif lo! Namun yang aktivitas yang positif, misal kebiasaan anda yang cowok dalam menaruh dompet ada disebelah kanan, coba pindahkan ke kiri. Kalau anda bepergian, cobalah untuk senantiasa mencari rute yang berbeda antara pulang dan perginya. Nah, ini baru permulaan loh! Selanjutnya tinggal diaplikasikan dalam aktivitas yang lebih terlihat seperti menulis, menggambar dan sebagainya. Setelah menjadi kebiasaan akan lebih mudah.

Selamat mencoba...

Wassalamualaikum wr wb.

0 komentar:

Post a Comment

 

Diary Harto :: Stop Dreaming Start Action Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Ipietoon Blogger Templates Sponsored by Online Business Journal