Saturday, August 22, 2009

Stop Dreaming Start Action

STOP DREAMING START ACTION

Assalamualaikum wr wb.

Pada artikel kali saya akan mencoba menulis mengenai slogan Stop Dreaming Start Action, serta membedah bagaimana seharusnya kita memulai suatu Action langkah demi langkah. Stop Dreaming Start ActionDreaming bisa diartikan sebagai angan-angan atau cita-cita atau impian dari kita di masa mendatang. Sudah selayaknya setiap manusia memiliki dreaming, namun mengapa tidak semua cita-cita menjadi kenyataan dalam hidupnya? Apa yang membedakan dreaming yang menjadi kenyataan kelak dan dreaming yang tidak menjadi kenyataan ? Yang membedakan adalah fokus seseorang dalam mewujudkan mimpi melalui action tentunya. Banyak orang bercita-cita ingin sukses di masa depan, namun anehnya mereka tidak mempersiapkan langkah atau action menuju ke arah kesuksesan.

Beberapa waktu yang lalu (tahun 2006), saya pernah memberikan coaching berupa motivasi kepada rekan saya, dimana dia ingin sekali mencoba tantangan baru (marketer) di luar skup pekerjaan yang sekarang ditekuni. Namun dia sama sekali tidak pernah berusaha atau mempersiapkan langkah untuk menjadi marketer. Dalam hal ini, untuk bisa pindah bagian memang harus dibicarakan antara atasan bagian yang dituju dan atasan bagian yang lama, atau menunggu kebaikan atasan kita dalam mempromosikan kita (sampai kapan ?). Ini merupakan salah satu usaha untuk bisa mencapai apa yang dia cita-citakan, selain tentunya harus mau belajar tentang hal yang berhubungan dengan marketing. Kepadanya saya pernah menganalogikan dengan cerita berikut : "saat kita ingin pergi ke suatu tempat, sebagai contoh kita ingin pergi ke Mangga Dua, namun karena hanya sebatas ingin dan tidak ada usaha untuk berangkat ke Mangga Dua, maka kita tidak akan pernah sampai ke tujuan". Tidak heran, sampai sekarang (tahun 2009) pun dia belum juga pindah bagian.

Slogan Stop Dreaming Start Action sangat pas buat orang-orang yang ingin lebih sukses di masa depan. Slogan tersebut cocok buat siapapun tanpa terkecuali, anak sekolah, mahasiswa, karyawan, atau pengusaha sekalipun. Slogan tersebut bukan melarang kita untuk berhenti bercita-cita atau bermimpi ! Bercita-cita atau bermimpi tidak bisa dilarang atau dihentikan, namun jika hanya bercita-cita tanpa melakukan usaha atau Action maka cerita yang saya contohkan diatas akan menjadi bagian dari hidup anda ! Apabila kita mempunyai beberapa impian atau dreaming yang ingin di raih, cobalah pilah-pilah mana yang lebih dahulu diprioritaskan! Langkah selanjutnya adalah fokus pada dreaming yang akan diraih, berapa lama kita targetkan untuk meraih impian itu, tentukan apa strategi atau action yang digunakan untuk meraih impian tersebut.

Ketika akan memutuskan Stop Dreaming Start Action biasanya kendala yang muncul adalah bingung memulai action nya dari mana? Oke, ingat ilmu yang diajarkan oleh Aa Gym yaitu 3M! Mulailah dari yang kecil, Mulailah dari diri sendiri dan Mulailah dari sekarang. Mulailah dari yang kecil bisa diartikan dengan memulai Action dari yang paling sederhana, karena tidak ada langkah yang besar tanpa kita memulainya dari yang kecil. Mulailah dari diri sendiri diartikan sebagai optimalisasi kemampuan diri, cobalah mindset anda dirubah untuk bisa menjadi bagian dari kesuksesan. Mulailah dari sekarang adalah segeralah dengan tidak menunda-nunda langkah atau action.

Perkembangan internet yang luar biasa seperti sekarang ini telah banyak membuka peluang orang untuk sukses, dari yang tadinya bukan siapa-siapa, setelah mengenal internet bisnis menjadikan mereka sangat terkenal dan bahkan mempunyai income yang tidak terbatas dari internet. Dari Indonesia salah satunya adalah Joko Susilo, dimana beliau melalui formula bisnis nya berhasil merubah pandangan orang-orang mengenai bisnis melalui internet, selain berhasil merubah pandangan orang, beliau juga telah berhasil membuat member sukses menjalankan bisnis melalui internet. Mengapa saya menghubungkan slogan Stop Dreaming Start Action dengan internet? Ya, bagi anda yang baru mau melakukan Action, dengan adanya internet akan memudahkan langkah anda selanjutnya. Apa yang bisa anda lakukan dengan internet:

  • Searching informasi atau artikel melalui google, yahoo atau MSN tentang
    • tips bagaimana memulai action
    • action apa yang paling sesuai dengan kondisi anda saat ini
  • Berlangganan atau subscribe ke beberapa milis (yahoogroups) yang berisi tentang langkah atau kisah sukses, motivasi atau bisnis
  • Mengikuti jejaring sosial atau social networking seperti facebook, twitter, myspace dan sebagainya yang bisa anda manfaatkan untuk bertukar informasi bahkan sampai menjual produk anda
  • Memonitor forum-forum diskusi di internet

Singkatnya dengan adanya internet tidak ada lagi kata-kata yang melemahkan diri sendiri ! Seperti masak saya bisa sesukses dia atau wajar dia sukses dia kan pekerja keras dan sebagainya. Kumpulkan informasi dan jaringan pertemanan sebanyak-banyaknya karena itu merupakan modal awal dari action anda.

Dari tulisan diatas untuk menjalankan slogan Stop Dreaming Start Action dapat dijelaskan secara singkat sebagi berikut :

  • Apa goals (dream) anda ? Apabila ada lebih dari satu goal yang ingin dicapai, maka berlaku skala prioritas.
  • Buat timeline plan, berapa lama anda butuhkan untuk meraih goal tersebut, dan breakdown menjadi timeline yang lebih kecil. Misal waktu untuk meraih goal ditargetkan 5 tahun, coba anda breakdown menjadi per tahun, per kuartal dan sebagainya
  • Buatlah strategi sesuai dengan timeline yang sudah dibuat
  • Ingat prinsip 3M, mulai dari yang kecil, mulai dari diri sendiri dan mulai sekarang juga
  • Gunakan media internet untuk me leverage atau mengungkit dreaming anda, sehingga dreaming anda bisa cepat tercapai dengan resiko yang minim.
  • Fokus terhadap semua langkah yang sudah anda buat, evaluasi jika langkah anda tidak sesuai dengan target dan sesegera mungkin membuat alternative action nya.
  • Percaya atau yakin jika langkah yang anda buat akan berhasil
  • Berdoa atau tawakal, sandaran vertical sangat penting dalam mendukung kesuksesan anda.

Setelah goal atau dream anda tercapai jangan terlalu terlena, anda harus menantang diri anda untuk mewujudkan dream anda yang ke-2, ke-3 dan seterusnya, jangan sampai anda terjebak dalam kondisi yang nyaman.

Selamat mencoba. Salam sukses mulia

Wassalamualaikum wr wb

0 komentar:

Post a Comment

 

Diary Harto :: Stop Dreaming Start Action Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Ipietoon Blogger Templates Sponsored by Online Business Journal